RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : IX/1
Tema : Proses Terjadinya Muatan Listrik
A. Standar Komptensi:
Fisika (3) : Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
B. Komptensi Dasar dan Indikator:
Fisika (3.3) : Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan kuat arus listrik yang ditimbulkan serta penerapannya dalam kehidupan sehari - hari
· Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
· Menjelaskan susunan dan kerja elemen listrik primer dan sekunder
· Mengukur tegangan antara kutub – kutub sumber tegangan dan tegangan jepit( tegangan terpakai )
C. Tujuan :
Setelah melakukan percobaan tentang proses terjadinya muatan listrik, peserta didik dapat :
1. Menjelaskan cara memberi muatan listrik pada suatu benda
2. Menjelaskan proses terjadinya muatan listrik
3. Menjelaskan bahwa arus listrik adalah aliran muatan listrik
4. Menjelaskan muatan listrik adalah ion-ion
5. Menjelaskan bahan – bahan listrik
D. Pendekatan dan metode pembelajaran :
- Pendekatan : Kontekstual
- Metode : Eksperimen
Diskusi Impormasi
E. Langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1 ( Benda dapat Bermuatan Listrik ) 2 jp
Pengetahuan Prasyarat : Teori atom (Setiap benda tersusun atas zat, setiap zat tersusun atas atom-atom, setiap atom tersusun atas inti atom dan elektron yang bergerak mengelilinginya)
Tahapan Kegiatan | Kegiatan | Alokasi Waktu | Kakrakter |
Kegiatan Awal | · Motivasi : Mengapa bulu-bulu tanganmu terasa berdiri ketika kamu dekatkan dengan baju yang habis digosok ? | 2x40” | Teliti, bekerjasama, tanggung jawab |
Kegiatan Inti | · Peserta didik dibentuk kelompok: - Peserta didik melakukan percobaan untuk membuat benda benda bermuatan listrik ( misalnya dengan menggosok penggaris plastik dengan kain wool, menggosok kaca dengan kain sutera ) - Secara kelompok peserta didik membuat kesimpulan dan mempresentasikan hasil kesimpulan itu dibimbing oleh guru | ||
Kegiatan Akhir/ Penutup | · Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan : - Listrik adalah sesuatu yang dapat menarik benda-benda kecil dan ringan yang ada di sekitarnya - Benda dikatakan bermuatan listrik apabila dapat menarik benda-benda yang kecil dan ringan yang ada di dekatnya. - Setiap atom tersusun atas proton, netron dan electron - Proton dan netron berada di dalam inti atom sedangkan electron berada di kulit atom, karena: massa proton ( muatan positip ) lebih besar daripada massa elektron ( muatan negatif ) gaya tarik antar partikel proton lebih besar daripada gaya tarik antara proton dan elektron - Benda dikatakan netral apabila jumlah elektronnya sama dengan jumlah protonnya - Benda dikatakan bermuatan listrik negatif apabila jumlah elektronnya lebih banyak daripada jumlah protonnya. - Benda dikatakan bermuatan listrik positif apabila jumlah elektronnya lebih sedikit daripada jumlah protonnya - Cara memberi muatan listrik pada benda dapat dilakukan dengan dua cara : menggosok dan induksi. - Plastik digosok dengan kain woll, maka elektron-elektron dari kain wool berpindah ke plastik sehingga kain kekurangan elektron dan disebut bermuatan listrik positif sedangkan plastik bermuatan negatif. - Kaca digosok dengan kain sutra, maka elektron-elektron dari kaca berpindah ke kain sutra sehingga kaca kekurangan elektron dan disebut bermuatan listrik positif sedangkan kain sutra bermuatan negatif. · Guru memberi penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik |
F. Penilaian Pertemuan I .
1 Jenis Tagihan : Tes
2. Teknik : Tes harian
3. Bentuk Instrumen : Soal Uraian, unjuk kerja ( performance )
4. Soal/Instrumen :
a. Pemahaman dan penerapan konsep
Pemahaman konsep berkomunikasi :
No Urut | No Induk | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah Skor | |||||
A | B | C | D | E | F | ||||
Keterangan aspek yang dinilai :
A. Kemampuan menyampaikan informasi
B. Kemampuan memberikan pendapat/ide
C. Kemampuan mengajukan pertanyaan
D. Kemampuan mengajukan argumentasi untuk menolak pendapat teman
E. Kemampuan menggunakan bahan yang baku
F. Kelancaran berbicara
Cara Penilaian ( Rubrik )
3. Sangat baik, jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar dan sangat jelas
2. Baik , jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar tetapi kurang jelas
1. Tidak baik, jika salah baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst
b. Pemahaman dan penerapan konsep akademis
1. Sebutkan benda-benda yang dapat diberi muatan listrik !
2. Mengapa benda-benda seperti besi, alumunium tidak bisa diberi muatan listrik ?
3. Bagaimana cara memberti muatan listrik suatu benda ?
4. Tunjukkan bagaimana cara memberi muatan listrik suatu benda ?
c. Penilaian ( kinerja ilmiah )
No Urut | No Induk | Nama Siswa | ASPEK YANG Dinilai | Jumlah Skor | |
A | B | ||||
NO | Penjelasan aspek yang dinilai |
A B | Cara menyiapkan alat dan bahan ( penggaris plastik, kain wool ) Cara menggosok penggaris plastik dengan kain woll |
Kriteria skor ( Rubrik ) :
3: Jika tepat, jika cara menggosoknya ke satu arah dimana penggaris plastik digosok dengan kain woll dan kaca digosok dengan kain sutera.
2: Kurang tepat, jika menggosoknya kadang satu arah kadang semabarang arah, namun cara menggosok penggaris plastic digosok dengan kain woll dan kaca digosok dengan kain sutera ( sudah benar )
1: Tidak tepat ( salah ), jika cara menggosoknya salah dan penggaris plastik digosok kain sutera, kaca digosok dengan kain woll ( kebalik )
Skor Yang diperoleh
NILAI = --------------------------- X 100
Skor Maxsimal
d. Alat dan bahan :
Alat : penggaris (sampul ) plastik yang bersih atau yang masih baru, batang kaca, kain wool, kain sutera, sobekan kertas, serbuk kapur
Sumber Belajar : buku IPA, lingkungan sekitar
E. Langkah Pembelajaran :
Pertemuan 2 (Sifat Muatan Listrik) 2 jp
Pengetahuan Prasyarat :
· Benda yang digosok bisa bermuatan
· Plastik digosok kain woll akan bermuatan listrik negatif
· Kaca digosok kain sutera akan bermuatan listrik positif
Tahapan Kegiatan | Kegiatan | Alokasi Waktu | Kakrakter |
Kegiatan Awal | · Motivasi : Mengapa penggaris plastik yang telah digosok dapat menarik sobekan-sobekan kertas ? | 2x40” | Teliti, bekerjasama, tanggung jawab |
Kegiatan Inti | · Peserta didik dibentuk kelompok - Peserta didik melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat muatan listrik ( misalnya dengan menggantung penggaris plastik yang telah diggosok dengan kain wool, kemudian didekatkan dengan penggaris plastik lain juga yang telah diggosok dengan kain wool . Atau didekatkan dengan kaca yang telah digosok dengan kain sutera ) · Secara kelompok peserta didik membuat kesimpulan dan mempresentasikan hasil kesimpulan itu dibimbing oleh guru | ||
Kegiatan Akhir/ Penutup | · Guru membuat kesimpulan berdasarkan masukan dari peserta didik, sifat muatan listrik : muatan sejenis tolak-menolak dan muatan tidak sejenis saling tarik menarik ) · Guru membimbing menjawab pertanyaan motivasi yang belum tuntas terjawab ( Mengapa penggaris plastik yang telah digosok dapat menarik sobekan-sobekan kertas ?) · Sobekan kertas sebelum didekatkan penggaris plastik yang telah digosok adalah netral, ketika didekati penggaris plastik yang telah digosok maka terjadilah pemisahan muatan pada sobekan kertas, sehingga muatan-muatan yang tidak sejenis saling berdekatan dan sobekan kertas menempel pada penggaris plastik yang telah digosok. · Guru membuat pengembangan dari materi pelajaran · Guru memberi penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik |
F. Penilaian Pertemuan 2.
1. Jenis Tagihan : Tes
2. Teknik : Tes harian
3. Bentuk Instrumen : Soal Uraian, unjuk kerja ( performance )
4. Soal/Instrumen :
Pemahaman dan Penerapan Konsep
a. Pemahaman konsep berkomunikasi :
No Urut | No Induk | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah Skor | |||||
A | B | C | D | E | F | ||||
Keterangan aspek yang dinilai :
A. Kemampuan menyampaikan informasi
B. Kemampuan memberikan pendapat/ide
C. Kemampuan mengajukan pertanyaan
D. Kemampuan mengajukan argumentasi untuk menolak pendapat teman
E. Kemampuan menggunakan bahan yang baku
F. Kelancaran berbicara
Cara Penilaian (Rubrik)
1 : Tidak baik, jika salah baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi idedst
2 : Baik , jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar tetapi kurang jelas.
3 : Sangat baik, jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar dan sangat jelas
b. Pemahaman dan penerapan konsep Akademis
1. Jelaskan sifat-sifat muatan listrik!
2. Mengapa benda yang bermuatan listrik tidak sejenis akan tarik-menarik jika didekatkan?
c. Penilaian Kinerja Ilmiah (psikomotor)
Bagaimana cara menunjukkan sifat muatan listrik?
No Urut | No Induk | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah Skor | |||
A | B | C | D | ||||
N0 | Penjelasan aspek yang dinilai |
A B C D | Cara menyiapkan alat dan bahan ( penggaris plastik, kain wool, kaca, kain sutra ) Cara menggosok penggaris plastik dengan kain woll, kaca dengan kain sutra Cara menggantungkan salah satu benda misalnya plastik atau kaca Cara mendekatkan dua benda yang telah digosok, yang mana salah satu benda dalam keadaan digantung |
Kriteria skor ( Rubrik ) : ikuti seperti contoh pertemuan 1
4 : Jika tepat
3.: Jika agak tepat
2.: tidak tepat
1.: Sangat tidak tepat
Skor Yang diperoleh
NILAI = --------------------------- X 100
Skor Maxsimal
d. Alat dan bahan : Penggaris (sampul) plastik yang bersih atau yang masih baru, batang kaca kain wool, kain sutera, statip
e. Sumber Belajar : Buku IPA, lingkungan sekitar
E. Langkah Pembelajaran :
Pertemuan 3 (Hukim Coloumb 2 jp
Pengetahuan Prasyarat :
· Adanya proton dan electrón dalam atom, pengertian konduktor
Tahapan Kegiatan | Kegiatan | Alokasi Waktu | Kakrakter |
Kegiatan Awal | · Motivasi : Bagaimana bila benda bermuatan listrik didekatkan ? | 2x40” | Teliti, bekerjasama, tanggung jawab |
Kegiatan Inti | · Peserta didik ditugasi untuk studi pustaka tentang interaksi dua buah muatan · Secara kelompok peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari studi pustaka · Secara kelompok peserta didik membuat kesimpulan dan mempresentasikan hasil kesimpulan itu dibimbing oleh guru | ||
Kegiatan Akhir/ Penutup | · Melalui diskusi guru membimbing untuk menyimpulkan : 1. Jika dua buah muatan sejenis didekatkan akan terjadi gaya tolak menolak 2. Jika dua buah mutan tak sejenis didekatkan maka akan terjadi gaya tarik menarik 3. Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua buah benda bermuatan listrik sebanding dengan besar muatan masing – masing dan berbanding terbalik dengan kuatrad jaraknya |
F. Penilaian Pertemuan 3.
1. Jenis Tagihan : Tes
2. Teknik : Tes harian
3. Bentuk Instrumen : Soal Uraian, unjuk kerja ( performance )
4. Soal/Instrumen :
Pemahaman dan penerapan konsep
a. Pemahaman konsep berkomunikasi :
No Urut | No Induk | Nama Siswa | ASPEK YANG DINILAI | Jumlah Skor | |||||
A | B | C | D | E | F | ||||
Keterangan aspek yang dinilai :
A. Kemampuan menyampaikan informasi
B. Kemampuan memberikan pendapat/ide
C. Kemampuan mengajukan pertanyaan
D. Kemampuan mengajukan argumentasi untuk menolak pendapat teman
E. Kemampuan menggunakan bahan yang baku
F. Kelancaran berbicara
Cara Penilaian (Rubrik)
1 : Tidak baik, jika salah baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst
2 : Baik , jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar tetapi kurang jelas.
3 : Sangat baik, jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar dan sangat jelas
b. Akademis ( pemahaman dan penerapan konsep )
1. Jelaskan bunyi hukum Coloumb !
2. Tuliskan secara matematis rumus hukum Colouomb
c. Penilaian Kinerja ilmiah (psikomotor)
” Meenentukan rumus hukum Coloumb ”
No Urut | No Induk | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah Skor | ||
A | B | C | ||||
NO | Penjelasan aspek yang dinilai |
A B C | Cara membaca buku Cara berbicara dengan temannya Cara mengerjakan soal! |
Kriteria skor (Rubrik) :ikuti seperti pertemuan 2
4 : Jika tepat
3.: Jika agak tepat
2.: tidak tepat
1.: Sangat tidak tepat
Skor Yang diperoleh
NILAI = --------------------------- X 100
Skor Maxsimal
G. Alat dan bahan :
1 Pengaris, kain wol, kain sutera
H. Sumber Belajar :
Buku IPA, lingkungan sekitar
Mengetahui: Kepala SMP | Demak, Juli 2011 Guru Mata Pelajaran, |
0 komentar: