Author: BELAJAR IPA MENYENANGKAN
•19.36

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                             Mata Pelajaran      : IPA
                             Satuan Pendidikan : SMP
                             Kelas/Semester      : IX/1
                            
A.  Standar Komptensi:
      Fisika (3)  :  Memahami  konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

                  
B.  Komptensi Dasar dan Indikator:
Fisika (3.2) :  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapanya dalam kehidupan sehari hari
·      Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial
·      Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi seri dan pararel
·      Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik
·      Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian
·      Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan
·      Menggunakan isolator,serta prosedur penerapan hukum Kirchoff
·      Memecahkan soal – soal yang terkait dengan perhitungan hambatan rangkaian listrik
C.  Tujuan :
Setelah melakukan proses belajar mengajar, peserta didik dapat :
1.     Menjelaskan arus listrik
2.     Menggambar rangkaian seri dan rangkaian pararel
3.     Menjelaskan hubungan kuat arus dan beda potensia
4.     Menghitung hambatan jenis
5.     Menjelaskan hukum Kirchoff
6.     Menjelaskan isolator, konduktor dan semi konduktor

D.  Pendekatan dan metode pembelajaran :
-     Pendekatan  : Kontekstual
-     Metode        : Eksperimen
                           Diskusi Impormasi

E.  Langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1 ( Rangkaian seri dan Paralel ) 2 jp

Pengetahuan Prasyarat : Jenis muatan listrik  ( + dan - )
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Karakter
Kegiatan Awal
·     Motivasi : Mengapa dirumah kalian bisa menyala ?

4x40”
Gemar membaca cermat tanggung jawab, obyektif, jujur, tekun
Kegiatan Inti
·    Peserta didik diberi tugas kelompok:
-       Peserta didik menelaah buku tentang rangkaian seri dan pararel
-       Menggambarkan rangkaian seri dan rangkaian pararel
-       Membuat rumus rangkaian seri dan paralel
Kegiatan Akhir/ Penutup
·    Guru membimbing peserta didik untuk menarik  kesimpulan  :
-            Rangkaian seri adalah rangkaian yang tidak ada titik percabangannya
-            Rangkaian pararel adalah rangkaian yang ada titik percabangannya





F.  Penilaian Pertemuan I .
1   Jenis Tagihan         :  Tes
2. Teknik                             :  Tes harian
3.  Bentuk Instrumen   :  Soal Uraian, unjuk kerja ( performance )
4.  Soal/Instrumen      :

a.  Pemahaman dan penerapan konsep
Pemahaman konsep  berkomunikasi :

No Urut

No Induk


Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah Skor
A
B
C
D
E
F














Keterangan aspek yang dinilai :
A. Kemampuan menyampaikan informasi
B. Kemampuan memberikan pendapat/ide
C. Kemampuan mengajukan pertanyaan
D. Kemampuan mengajukan argumentasi untuk menolak pendapat teman
E. Kemampuan menggunakan bahan yang baku
F. Kelancaran berbicara

Cara Penilaian ( Rubrik )
3. Sangat baik, jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar dan sangat jelas
2. Baik , jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar tetapi kurang jelas
1. Tidak baik, jika  salah baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst

b. Pemahaman dan penerapan konsep akademis
1.     Jelaskan pengertian rangkaian seri!
2.     Jelaskan pengertian rangkaian paralel  ?
3.     Gambarkan rangkaian seri?
4.     Gambarkan rangkaian paralelk ?
                                         Skor  Yang  diperoleh
NILAI       =        ---------------------------          X    100
                                      Skor Maxsimal
     d.  Alat dan bahan :
          Alat                   : sumber tegangan, lampu , penggantar, ampermeter, volt meter
    Sumber Belajar   : buku IPA, lingkungan sekitar

E.  Langkah Pembelajaran :

Pertemuan 2 (Hukum Ohm) 2 jp
Pengetahuan Prasyarat :
·         Beda potensial
·         Rangkaian seri dan rangkaian pararel
·         Menggunakan Ampermeter
·         Menggunakan voltmeter
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Karakter
Kegiatan Awal
·     Motivasi : Bagaimana memperkecil suara pada radio ?

4x40”
Gemar membaca cermat tanggung jawab, obyektif, jujur, tekun
Kegiatan Inti
·    Peserta didik dibentuk kelompok
-          Peserta didik melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat hubungan antara kuat arus, beda potensial dan hambatan
-          Mengambil data percobaan kuat arus, besarnya hambatan dan beda potensial
-          Menganalisa data percobaan
-          Secara kelompok peserta didik membuat kesimpulan dan mempresentasikan hasil  kesimpulan itu dibimbing oleh guru
Kegiatan Akhir/ Penutup
·   Guru membimbing membuat kesimpulan berdasarkan masukan dari peserta didik, 
-          jika hambatan tetap semakain besar beda potensial maka kuat arusnya juga semakin besar
-          jika hambatan semakin besar maka kuat arusnya semakin kecil , kuat arus berbanding terbalik dengan hambatan
-          rumus hukum ohm berbunyi “ besar kuat arus yang mengalir melalui kawat penghantar sebanding dengan beda potensial asalkan nilai hambatannya tetap “
·   Guru membuat pengembangan dari materi pelajaran
 ·   Guru memberi penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik







F.  Penilaian Pertemuan 2.
1. Jenis Tagihan            :  Tes
2. Teknik                       :  Tes harian
3.  Bentuk Instrumen      :  Soal Uraian, unjuk kerja ( performance )
4.  Soal/Instrumen         :
Pemahaman dan Penerapan Konsep
a.  Pemahaman konsep  berkomunikasi :

No
Urut

No Induk

Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah Skor
A
B
C
D
E
F












Keterangan aspek yang dinilai  :
A.    Kemampuan menyampaikan informasi
B.     Kemampuan memberikan pendapat/ide
C.    Kemampuan mengajukan pertanyaan
D.    Kemampuan mengajukan argumentasi untuk menolak pendapat teman
E.     Kemampuan menggunakan bahan yang baku
F.     Kelancaran berbicara

Cara Penilaian  (Rubrik)
1   : Tidak baik, jika  salah baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi idedst
2   : Baik , jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar tetapi kurang jelas.
3   : Sangat baik, jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar dan sangat jelas

b.  Pemahaman dan penerapan konsep  Akademis
1.  Bangaimana bunyi hukum Ohm!
2.  Tuliskan rumus hukum Ohm !

c.  Penilaian Kinerja Ilmiah (psikomotor)
Bagaimana cara merangkai menyelidiki hukum Ohm!


No Urut

No Induk


Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah Skor
A
B
C
D











N0
Penjelasan aspek yang  dinilai

A

B
C
D
Cara menyiapkan alat dan bahan ( sumber tegangan, kabel, voltmeter, ampermeter, Ohmeter)
Cara merangkai percobaan hukum ohm
Cara membaca alat
Cara mendepatkan data


               Kriteria skor ( Rubrik ) : ikuti seperti contoh pertemuan 1
    4 : Jika tepat
    3.: Jika agak tepat
    2.: tidak tepat 
    1.: Sangat tidak tepat


                                          Skor  Yang  diperoleh
NILAI          =        ---------------------------          X    100
                                     Skor Maxsimal

       d. Alat dan bahan : kabel, ampermeter, voltmeter, ohmeter

       e. Sumber Belajar : Buku IPA, lingkungan sekitar

Author: BELAJAR IPA MENYENANGKAN
•19.08
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Mata Pelajaran             : IPA
Satuan Pendidikan        : SMP
Kelas/Semester            : IX/1
Tema                             : Proses Terjadinya Muatan Listrik

A.  Standar Komptensi:
      Fisika (3)  :  Memahami  konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
                  
B.  Komptensi Dasar dan Indikator:
Fisika (3.3) :   Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan kuat arus listrik yang ditimbulkan serta penerapannya dalam kehidupan sehari - hari
·     Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
·     Menjelaskan susunan dan kerja elemen listrik primer dan sekunder
·     Mengukur tegangan antara kutub – kutub sumber tegangan dan tegangan jepit( tegangan terpakai )
C.  Tujuan :
Setelah melakukan percobaan tentang proses terjadinya muatan listrik, peserta didik dapat :
1.     Menjelaskan cara memberi muatan listrik pada suatu benda
2.     Menjelaskan proses terjadinya muatan listrik
3.     Menjelaskan bahwa arus listrik adalah aliran muatan listrik
4.     Menjelaskan muatan listrik adalah ion-ion
5.     Menjelaskan bahan – bahan listrik

D.  Pendekatan dan metode pembelajaran :
-     Pendekatan  : Kontekstual
-     Metode        : Eksperimen
                           Diskusi Impormasi


E.  Langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1 ( Benda dapat Bermuatan Listrik ) 2 jp

Pengetahuan Prasyarat : Teori atom (Setiap benda tersusun atas zat, setiap zat tersusun atas atom-atom, setiap atom tersusun atas inti atom dan elektron yang bergerak mengelilinginya)
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Kakrakter
Kegiatan Awal
·     Motivasi : Mengapa bulu-bulu tanganmu terasa berdiri ketika kamu dekatkan dengan baju yang habis digosok ?

2x40”
Teliti, bekerjasama, tanggung jawab
Kegiatan Inti
·    Peserta didik dibentuk kelompok:
   -  Peserta didik melakukan percobaan untuk membuat benda benda bermuatan listrik ( misalnya dengan menggosok penggaris plastik dengan kain wool, menggosok kaca dengan kain sutera )
   -  Secara kelompok peserta didik membuat kesimpulan dan mempresentasikan hasil kesimpulan itu dibimbing oleh guru


Kegiatan Akhir/ Penutup
·    Guru membimbing peserta didik untuk menarik  kesimpulan  :
Listrik adalah sesuatu yang dapat menarik benda-benda  kecil dan ringan yang ada di     sekitarnya
Benda dikatakan bermuatan listrik apabila dapat menarik benda-benda yang kecil dan ringan yang ada di dekatnya.
Setiap atom tersusun atas proton, netron dan electron
Proton dan netron berada di dalam inti atom sedangkan electron berada di kulit atom, karena: massa proton ( muatan positip ) lebih besar daripada massa elektron ( muatan negatif ) gaya tarik antar partikel proton lebih besar daripada gaya tarik antara proton dan elektron
Benda dikatakan netral apabila jumlah elektronnya sama dengan jumlah protonnya
Benda dikatakan bermuatan listrik negatif apabila jumlah elektronnya lebih banyak daripada jumlah protonnya.
Benda dikatakan bermuatan listrik positif apabila jumlah elektronnya lebih sedikit daripada jumlah protonnya
Cara memberi muatan listrik pada benda dapat dilakukan dengan dua cara :  menggosok dan induksi.
Plastik digosok dengan kain woll, maka elektron-elektron dari kain wool berpindah ke plastik sehingga kain kekurangan elektron dan disebut bermuatan listrik positif sedangkan plastik bermuatan negatif.
Kaca digosok dengan kain sutra, maka elektron-elektron dari kaca berpindah ke kain sutra sehingga kaca kekurangan elektron dan disebut bermuatan listrik positif sedangkan kain sutra bermuatan negatif.
·    Guru memberi penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik





F.  Penilaian Pertemuan I .
1   Jenis Tagihan         :  Tes
2. Teknik                             :  Tes harian
3.  Bentuk Instrumen   :  Soal Uraian, unjuk kerja ( performance )
4.  Soal/Instrumen      :

a.  Pemahaman dan penerapan konsep
Pemahaman konsep  berkomunikasi :

No Urut

No Induk


Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah Skor
A
B
C
D
E
F
















Keterangan aspek yang dinilai :
A. Kemampuan menyampaikan informasi
B. Kemampuan memberikan pendapat/ide
C. Kemampuan mengajukan pertanyaan
D. Kemampuan mengajukan argumentasi untuk menolak pendapat teman
E. Kemampuan menggunakan bahan yang baku
F. Kelancaran berbicara

Cara Penilaian ( Rubrik )
3. Sangat baik, jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar dan sangat jelas
2. Baik , jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar tetapi kurang jelas
1. Tidak baik, jika  salah baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst

b. Pemahaman dan penerapan konsep akademis
1.     Sebutkan benda-benda yang dapat diberi muatan listrik !
2.     Mengapa benda-benda seperti besi, alumunium tidak bisa diberi muatan listrik ?
3.     Bagaimana cara memberti muatan listrik suatu benda ?
4.       Tunjukkan bagaimana cara memberi  muatan listrik suatu benda ?

c. Penilaian ( kinerja ilmiah )

No Urut

No Induk

Nama Siswa
ASPEK YANG Dinilai

Jumlah Skor
A
B









NO
Penjelasan aspek yang dinilai

A
B
Cara menyiapkan alat dan bahan ( penggaris plastik, kain wool )
Cara menggosok penggaris plastik dengan kain woll


Kriteria skor ( Rubrik ) :
3: Jika tepat, jika cara menggosoknya ke satu arah dimana penggaris plastik digosok dengan kain woll dan kaca digosok dengan kain sutera.
2: Kurang tepat, jika menggosoknya kadang satu arah kadang semabarang arah, namun  cara menggosok penggaris plastic digosok dengan kain woll dan kaca digosok dengan kain sutera ( sudah benar )
1:  Tidak tepat ( salah ), jika cara menggosoknya salah dan penggaris plastik digosok kain sutera, kaca digosok dengan kain woll ( kebalik )
                                         Skor  Yang  diperoleh
NILAI       =        ---------------------------          X    100
                                      Skor Maxsimal
     d.  Alat dan bahan :
          Alat                   : penggaris (sampul ) plastik yang bersih atau yang masih baru, batang kaca, kain wool, kain sutera, sobekan kertas, serbuk kapur
    Sumber Belajar   : buku IPA, lingkungan sekitar


E.  Langkah Pembelajaran :

Pertemuan 2 (Sifat Muatan Listrik) 2 jp
Pengetahuan Prasyarat :
·         Benda yang digosok bisa bermuatan
·         Plastik digosok kain woll akan bermuatan listrik negatif
·         Kaca digosok kain sutera akan bermuatan listrik positif

Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Kakrakter
Kegiatan Awal
·     Motivasi : Mengapa penggaris plastik yang telah digosok dapat menarik sobekan-sobekan kertas ?

2x40”
Teliti, bekerjasama, tanggung jawab
Kegiatan Inti
·    Peserta didik dibentuk kelompok
   -  Peserta didik melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat muatan listrik ( misalnya dengan menggantung penggaris plastik yang telah diggosok dengan kain wool, kemudian didekatkan dengan penggaris plastik lain juga yang telah diggosok dengan kain wool . Atau didekatkan dengan kaca yang telah digosok dengan kain sutera )

·    Secara kelompok peserta didik membuat kesimpulan dan mempresentasikan hasil  kesimpulan itu dibimbing oleh guru


Kegiatan Akhir/ Penutup
·   Guru membuat kesimpulan berdasarkan masukan dari peserta didik,  sifat muatan listrik : muatan sejenis tolak-menolak dan muatan tidak sejenis saling tarik menarik )

·   Guru membimbing menjawab pertanyaan motivasi yang belum tuntas terjawab ( Mengapa penggaris plastik yang telah digosok dapat menarik sobekan-sobekan kertas ?)

·   Sobekan kertas sebelum didekatkan penggaris plastik yang telah digosok adalah netral, ketika didekati penggaris plastik yang telah digosok maka terjadilah pemisahan muatan pada sobekan kertas, sehingga muatan-muatan yang tidak sejenis saling berdekatan dan sobekan kertas menempel pada penggaris plastik yang telah digosok.

·   Guru membuat pengembangan dari materi pelajaran

 ·   Guru memberi penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik





F.  Penilaian Pertemuan 2.
1. Jenis Tagihan            :  Tes
2. Teknik                       :  Tes harian
3.  Bentuk Instrumen      :  Soal Uraian, unjuk kerja ( performance )
4.  Soal/Instrumen         :
Pemahaman dan Penerapan Konsep
a.  Pemahaman konsep  berkomunikasi :

No
Urut

No Induk

Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah Skor
A
B
C
D
E
F














Keterangan aspek yang dinilai  :
A.    Kemampuan menyampaikan informasi
B.     Kemampuan memberikan pendapat/ide
C.    Kemampuan mengajukan pertanyaan
D.    Kemampuan mengajukan argumentasi untuk menolak pendapat teman
E.     Kemampuan menggunakan bahan yang baku
F.     Kelancaran berbicara

Cara Penilaian  (Rubrik)
1   : Tidak baik, jika  salah baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi idedst
2   : Baik , jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar tetapi kurang jelas.
3   : Sangat baik, jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar dan sangat jelas

b.  Pemahaman dan penerapan konsep  Akademis
1.  Jelaskan sifat-sifat muatan listrik!
2.  Mengapa benda yang bermuatan listrik tidak sejenis akan tarik-menarik jika didekatkan?

c.  Penilaian Kinerja Ilmiah (psikomotor)
Bagaimana cara menunjukkan sifat muatan listrik?




No Urut

No Induk


Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah Skor
A
B
C
D














N0
Penjelasan aspek yang  dinilai

A
B
C
D
Cara menyiapkan alat dan bahan ( penggaris plastik, kain wool, kaca, kain sutra )
Cara menggosok penggaris plastik dengan kain woll, kaca dengan kain sutra
Cara menggantungkan salah satu benda misalnya plastik atau kaca
Cara mendekatkan dua benda yang telah digosok, yang mana salah satu benda dalam keadaan digantung



               Kriteria skor ( Rubrik ) : ikuti seperti contoh pertemuan 1
    4 : Jika tepat
    3.: Jika agak tepat
    2.: tidak tepat 
    1.: Sangat tidak tepat


                                          Skor  Yang  diperoleh
NILAI          =        ---------------------------          X    100
                                     Skor Maxsimal

       d. Alat dan bahan : Penggaris (sampul) plastik yang bersih atau yang masih baru, batang kaca kain wool, kain sutera, statip

       e. Sumber Belajar : Buku IPA, lingkungan sekitar


E.  Langkah Pembelajaran :

Pertemuan 3 (Hukim Coloumb 2 jp
Pengetahuan Prasyarat :
·         Adanya proton dan electrón dalam atom, pengertian konduktor

Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Kakrakter
Kegiatan Awal
·    Motivasi : Bagaimana bila benda bermuatan listrik didekatkan ?

2x40”
Teliti, bekerjasama, tanggung jawab
Kegiatan Inti
·    Peserta didik ditugasi untuk studi pustaka tentang interaksi dua buah muatan
·    Secara kelompok peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari studi pustaka
·    Secara kelompok peserta didik membuat kesimpulan dan mempresentasikan hasil kesimpulan itu dibimbing oleh guru




Kegiatan Akhir/ Penutup
·    Melalui diskusi guru membimbing untuk menyimpulkan :
1.  Jika dua buah muatan sejenis didekatkan akan terjadi gaya tolak menolak
2.   Jika dua buah mutan tak sejenis didekatkan maka akan terjadi gaya tarik menarik
3.   Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua buah benda bermuatan listrik sebanding dengan besar muatan masing – masing dan berbanding terbalik dengan kuatrad jaraknya





F.  Penilaian Pertemuan 3.
1.  Jenis Tagihan         :  Tes
2. Teknik                             :  Tes harian
3.  Bentuk Instrumen   :  Soal Uraian, unjuk kerja ( performance )
4.  Soal/Instrumen      :
                  
Pemahaman dan penerapan konsep
a.  Pemahaman konsep  berkomunikasi :

No
Urut

No Induk
Nama Siswa
ASPEK YANG DINILAI
Jumlah Skor
A
B
C
D
E
F











Keterangan aspek yang dinilai  :
A.    Kemampuan menyampaikan informasi
B.     Kemampuan memberikan pendapat/ide
C.    Kemampuan mengajukan pertanyaan
D.     Kemampuan mengajukan argumentasi untuk menolak pendapat teman
E.     Kemampuan menggunakan bahan yang baku
F.     Kelancaran berbicara


Cara Penilaian  (Rubrik)
1   : Tidak baik, jika  salah baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst
2   : Baik , jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar tetapi kurang jelas.
3   : Sangat baik, jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar dan sangat jelas
b.  Akademis  ( pemahaman dan penerapan konsep )
1.   Jelaskan bunyi hukum Coloumb !
2.   Tuliskan secara matematis rumus hukum Colouomb

                         
c.  Penilaian Kinerja ilmiah (psikomotor)
”  Meenentukan rumus hukum Coloumb ”
No
Urut

No
Induk
Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah Skor
A
B
C












NO
Penjelasan aspek yang dinilai

A
B
C
Cara membaca buku
Cara berbicara dengan temannya
Cara mengerjakan soal!


Kriteria skor (Rubrik) :ikuti seperti pertemuan 2
4 : Jika tepat
3.: Jika agak tepat
2.: tidak tepat 
1.: Sangat tidak tepat

                   Skor  Yang  diperoleh
NILAI  =       ---------------------------          X    100
              Skor Maxsimal

G.      Alat dan bahan      :
1        Pengaris, kain wol, kain sutera

H. Sumber Belajar :
Buku IPA, lingkungan sekitar


Mengetahui:
Kepala SMP




Demak,        Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,