Author: BELAJAR IPA MENYENANGKAN
•19.36

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                             Mata Pelajaran      : IPA
                             Satuan Pendidikan : SMP
                             Kelas/Semester      : IX/1
                            
A.  Standar Komptensi:
      Fisika (3)  :  Memahami  konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

                  
B.  Komptensi Dasar dan Indikator:
Fisika (3.2) :  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapanya dalam kehidupan sehari hari
·      Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial
·      Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi seri dan pararel
·      Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik
·      Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian
·      Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan
·      Menggunakan isolator,serta prosedur penerapan hukum Kirchoff
·      Memecahkan soal – soal yang terkait dengan perhitungan hambatan rangkaian listrik
C.  Tujuan :
Setelah melakukan proses belajar mengajar, peserta didik dapat :
1.     Menjelaskan arus listrik
2.     Menggambar rangkaian seri dan rangkaian pararel
3.     Menjelaskan hubungan kuat arus dan beda potensia
4.     Menghitung hambatan jenis
5.     Menjelaskan hukum Kirchoff
6.     Menjelaskan isolator, konduktor dan semi konduktor

D.  Pendekatan dan metode pembelajaran :
-     Pendekatan  : Kontekstual
-     Metode        : Eksperimen
                           Diskusi Impormasi

E.  Langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1 ( Rangkaian seri dan Paralel ) 2 jp

Pengetahuan Prasyarat : Jenis muatan listrik  ( + dan - )
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Karakter
Kegiatan Awal
·     Motivasi : Mengapa dirumah kalian bisa menyala ?

4x40”
Gemar membaca cermat tanggung jawab, obyektif, jujur, tekun
Kegiatan Inti
·    Peserta didik diberi tugas kelompok:
-       Peserta didik menelaah buku tentang rangkaian seri dan pararel
-       Menggambarkan rangkaian seri dan rangkaian pararel
-       Membuat rumus rangkaian seri dan paralel
Kegiatan Akhir/ Penutup
·    Guru membimbing peserta didik untuk menarik  kesimpulan  :
-            Rangkaian seri adalah rangkaian yang tidak ada titik percabangannya
-            Rangkaian pararel adalah rangkaian yang ada titik percabangannya





F.  Penilaian Pertemuan I .
1   Jenis Tagihan         :  Tes
2. Teknik                             :  Tes harian
3.  Bentuk Instrumen   :  Soal Uraian, unjuk kerja ( performance )
4.  Soal/Instrumen      :

a.  Pemahaman dan penerapan konsep
Pemahaman konsep  berkomunikasi :

No Urut

No Induk


Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah Skor
A
B
C
D
E
F














Keterangan aspek yang dinilai :
A. Kemampuan menyampaikan informasi
B. Kemampuan memberikan pendapat/ide
C. Kemampuan mengajukan pertanyaan
D. Kemampuan mengajukan argumentasi untuk menolak pendapat teman
E. Kemampuan menggunakan bahan yang baku
F. Kelancaran berbicara

Cara Penilaian ( Rubrik )
3. Sangat baik, jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar dan sangat jelas
2. Baik , jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar tetapi kurang jelas
1. Tidak baik, jika  salah baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst

b. Pemahaman dan penerapan konsep akademis
1.     Jelaskan pengertian rangkaian seri!
2.     Jelaskan pengertian rangkaian paralel  ?
3.     Gambarkan rangkaian seri?
4.     Gambarkan rangkaian paralelk ?
                                         Skor  Yang  diperoleh
NILAI       =        ---------------------------          X    100
                                      Skor Maxsimal
     d.  Alat dan bahan :
          Alat                   : sumber tegangan, lampu , penggantar, ampermeter, volt meter
    Sumber Belajar   : buku IPA, lingkungan sekitar

E.  Langkah Pembelajaran :

Pertemuan 2 (Hukum Ohm) 2 jp
Pengetahuan Prasyarat :
·         Beda potensial
·         Rangkaian seri dan rangkaian pararel
·         Menggunakan Ampermeter
·         Menggunakan voltmeter
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Karakter
Kegiatan Awal
·     Motivasi : Bagaimana memperkecil suara pada radio ?

4x40”
Gemar membaca cermat tanggung jawab, obyektif, jujur, tekun
Kegiatan Inti
·    Peserta didik dibentuk kelompok
-          Peserta didik melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat hubungan antara kuat arus, beda potensial dan hambatan
-          Mengambil data percobaan kuat arus, besarnya hambatan dan beda potensial
-          Menganalisa data percobaan
-          Secara kelompok peserta didik membuat kesimpulan dan mempresentasikan hasil  kesimpulan itu dibimbing oleh guru
Kegiatan Akhir/ Penutup
·   Guru membimbing membuat kesimpulan berdasarkan masukan dari peserta didik, 
-          jika hambatan tetap semakain besar beda potensial maka kuat arusnya juga semakin besar
-          jika hambatan semakin besar maka kuat arusnya semakin kecil , kuat arus berbanding terbalik dengan hambatan
-          rumus hukum ohm berbunyi “ besar kuat arus yang mengalir melalui kawat penghantar sebanding dengan beda potensial asalkan nilai hambatannya tetap “
·   Guru membuat pengembangan dari materi pelajaran
 ·   Guru memberi penghargaan pada kelompok yang kinerjanya baik







F.  Penilaian Pertemuan 2.
1. Jenis Tagihan            :  Tes
2. Teknik                       :  Tes harian
3.  Bentuk Instrumen      :  Soal Uraian, unjuk kerja ( performance )
4.  Soal/Instrumen         :
Pemahaman dan Penerapan Konsep
a.  Pemahaman konsep  berkomunikasi :

No
Urut

No Induk

Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah Skor
A
B
C
D
E
F












Keterangan aspek yang dinilai  :
A.    Kemampuan menyampaikan informasi
B.     Kemampuan memberikan pendapat/ide
C.    Kemampuan mengajukan pertanyaan
D.    Kemampuan mengajukan argumentasi untuk menolak pendapat teman
E.     Kemampuan menggunakan bahan yang baku
F.     Kelancaran berbicara

Cara Penilaian  (Rubrik)
1   : Tidak baik, jika  salah baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi idedst
2   : Baik , jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar tetapi kurang jelas.
3   : Sangat baik, jika baik cara menyampaikan impormasi maupun memberi ide dst sudah benar dan sangat jelas

b.  Pemahaman dan penerapan konsep  Akademis
1.  Bangaimana bunyi hukum Ohm!
2.  Tuliskan rumus hukum Ohm !

c.  Penilaian Kinerja Ilmiah (psikomotor)
Bagaimana cara merangkai menyelidiki hukum Ohm!


No Urut

No Induk


Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah Skor
A
B
C
D











N0
Penjelasan aspek yang  dinilai

A

B
C
D
Cara menyiapkan alat dan bahan ( sumber tegangan, kabel, voltmeter, ampermeter, Ohmeter)
Cara merangkai percobaan hukum ohm
Cara membaca alat
Cara mendepatkan data


               Kriteria skor ( Rubrik ) : ikuti seperti contoh pertemuan 1
    4 : Jika tepat
    3.: Jika agak tepat
    2.: tidak tepat 
    1.: Sangat tidak tepat


                                          Skor  Yang  diperoleh
NILAI          =        ---------------------------          X    100
                                     Skor Maxsimal

       d. Alat dan bahan : kabel, ampermeter, voltmeter, ohmeter

       e. Sumber Belajar : Buku IPA, lingkungan sekitar